Nama / NIM : I Wayan Andika Dananjaya / 1404505067
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
JAVA GUI
sebelum ke program saya akan menjelaskan apa itu GUI?
Graphic
User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat
menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan
beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
Komponen-konponen
tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan
user menggunakan program yang dibuat tersebut.
Kalau
dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat
dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus
grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi
Microsoft Windows.
dan sekali lagi disini saya menggunakan IDE NetBeans dalam pembuatan program berikut ini. berikut codingnya:
import
javax.swing.*;
import
java.awt.*;
import
java.awt.event.*;
public
class helloWorld extends JFrame {
helloWorld(String title) {
this.setSize(500,500);
setTitle(title);
}
public static void main(String[] args) {
helloWorld window = new
helloWorld("Dananjaya7");
window.setVisible(true);
window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
Untuk
memungkinkan membuat program GUI ini kita harus menggunakan sintaks:
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
Dalam
Java sebenarnya terdapat 2 package yang dapat digunakan untuk mengembangkan
program-program GUI, yaitu AWT (Abstract Windows Toolkit) dan SWING seperti
pada ketiga sintaks di atas.
AWT
adalah sekumpulan library yang tidak tergantung platform dan digunakan untuk
menyederhanakan implementasi user-interface. Sedangkan SWING adalah bentuk
implementasi selanjutnya yang menambahkan komponen- komponen dalam sistem GUI
tapi masih didasarkan pada arsitektur AWT (misalnya untuk pembuatan "event
handling").
Berikut
Outputnya: