Selasa, 07 April 2015

Java GUI

Nama / NIM : I Wayan Andika Dananjaya  / 1404505067
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT




JAVA GUI


sebelum ke program saya akan menjelaskan apa itu GUI?

    Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
     Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.

     Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.

dan sekali lagi disini saya menggunakan IDE NetBeans dalam pembuatan program berikut ini. berikut codingnya:


import javax.swing.*;

import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

public class helloWorld extends JFrame {
    helloWorld(String title) {
        this.setSize(500,500);
        setTitle(title);
    }

    public static void main(String[] args) {
       helloWorld window = new helloWorld("Dananjaya7");
       window.setVisible(true);
       window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }

}


Untuk memungkinkan membuat program GUI ini kita harus menggunakan sintaks:

    import javax.swing.*;
    import java.awt.*;
    import java.awt.event.*;

Dalam Java sebenarnya terdapat 2 package yang dapat digunakan untuk mengembangkan program-program GUI, yaitu AWT (Abstract Windows Toolkit) dan SWING seperti pada ketiga sintaks di atas.
AWT adalah sekumpulan library yang tidak tergantung platform dan digunakan untuk menyederhanakan implementasi user-interface. Sedangkan SWING adalah bentuk implementasi selanjutnya yang menambahkan komponen- komponen dalam sistem GUI tapi masih didasarkan pada arsitektur AWT (misalnya untuk pembuatan "event handling").
Berikut Outputnya:




Program Menu Makanan

Nama / NIM : I Wayan Andika Dananjaya / 1404505067
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)

Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT    

Program Menu Makanan dalam Java

Dalam pembuatan program ini saya menggunakan IDE NetBeans, karena menurut saya lebih mudahmenggunakannya. berikut kodingnya:


import java.util.Scanner;

public class Main {

    public static void main(String[] args) {
   
        Scanner scan = new Scanner(System.in);
        System.out.println("MENU MAKANAN : ");
        System.out.println("______________________________________________________________");
        System.out.println("No Nama             Harga");
        System.out.println("1. Batagor          Rp 3000,00");
        System.out.println("2. Kupat Tahu       Rp 5000,00");
        System.out.println("3. Lontong Kari     Rp 4000,00");
        System.out.println("4. Nasi Goreng      Rp 6000,00");
        System.out.println("5. Nasi Uduk        Rp 5000,00");

        int harga = 0;
        int h1 = 3000, h2 = 5000, h3 = 4000, h4 = 6000, h5 = 5000;
        String menu;

        for (String i = "Y"; i.equals("Y")||i.equals("y"); )
        {
        System.out.println("______________________________________________________________");
        System.out.print("Masukkan Nomor Pesanan : ");
        int inNomor = scan.nextInt();
        System.out.println("_______________________________________________________________");

        if (inNomor == 1)
        {
         menu = " Batagor";
         System.out.println("Pilihan anda nomor " +inNomor + menu);
         harga = harga + h1;
        }
         else if (inNomor == 2)
        {
         menu = " Kupat Tahu";
         System.out.println("Pilihan anda nomor " +inNomor + menu);
         harga = harga + h2;
        }
         else if (inNomor == 3)
        {
            menu = " Lontong Kari";
            System.out.println("Pilihan anda nomor " +inNomor + menu);
            harga = harga + h3;
        }
         else if (inNomor == 4)
         {
             menu = " Nasi Goreng ";
             System.out.println("Pilihan anda nomor " +inNomor + menu);
             harga = harga + h4;
         }
         else if (inNomor == 5)
         {
             menu = " Nasi Uduk ";
             System.out.println("Pilihan anda nomor " +inNomor + menu);
             harga = harga + h5;
         }
         else
        {
           System.out.println("Nomor yang dipilih tidak ada di menu.");
        }
        System.out.println("Apakah anda mau melanjutkan? Y/T");
        i = scan.next();
        }
        System.out.println("______________________________________________________________");
        System.out.println("Total pembayaran sebesar " +harga+".");
        System.out.println("Terimakasih atas kunjungannya.");
    }
}


Penjelasan:
        
        System.out.println("Apakah anda mau melanjutkan? Y/T");
        i = scan.next();

Pada coding di atas ini jika user memasukkan data apakah dia akan melanjutkan atau tidak jika yam aka akan melakukan pengulangan.

           System.out.println("Nomor yang dipilih tidak ada di menu.");


Coding di atas untuk memastikan jika selain nomor satu sampai lima, maka akan ditampilkan "Nomor yang dipilih tidak ada di menu."

Setelah itu bisa dicompile dengan cara memilih pada menubar pilih Build kemudian klik Run Project. agar lebih jelas bisa dilihat pada gambar di bawah ini.






Output: