Selasa, 07 April 2015

Java GUI

Nama / NIM : I Wayan Andika Dananjaya  / 1404505067
Jurusan / Fakultas / Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT




JAVA GUI


sebelum ke program saya akan menjelaskan apa itu GUI?

    Graphic User Interface (GUI) adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan beberapa komponen yang tidak bisa dibuat dalam basis text.
     Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol, gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yang dibuat tersebut.

     Kalau dilihat pengertian tentang GUI secara umum adalah Interaksi yang dapat dilaksanakan oleh user melalui menu dan icon yang diperlihatkan dalam modus grafik. Contoh implementasi GUI-based shell ini adalah pada sistem operasi Microsoft Windows.

dan sekali lagi disini saya menggunakan IDE NetBeans dalam pembuatan program berikut ini. berikut codingnya:


import javax.swing.*;

import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

public class helloWorld extends JFrame {
    helloWorld(String title) {
        this.setSize(500,500);
        setTitle(title);
    }

    public static void main(String[] args) {
       helloWorld window = new helloWorld("Dananjaya7");
       window.setVisible(true);
       window.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }

}


Untuk memungkinkan membuat program GUI ini kita harus menggunakan sintaks:

    import javax.swing.*;
    import java.awt.*;
    import java.awt.event.*;

Dalam Java sebenarnya terdapat 2 package yang dapat digunakan untuk mengembangkan program-program GUI, yaitu AWT (Abstract Windows Toolkit) dan SWING seperti pada ketiga sintaks di atas.
AWT adalah sekumpulan library yang tidak tergantung platform dan digunakan untuk menyederhanakan implementasi user-interface. Sedangkan SWING adalah bentuk implementasi selanjutnya yang menambahkan komponen- komponen dalam sistem GUI tapi masih didasarkan pada arsitektur AWT (misalnya untuk pembuatan "event handling").
Berikut Outputnya:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar